Rabu, 23 November 2016

Laporan Emis Ganjil 216/2017: Pengantar

Kata Pengantar

Al-Hamdulillahirabbil Aalamiin, segala puji bagi Allah SWT atas segala karunia dan lipahan rahmat dan maunah-Nya. Shalawat serta salam dihaturkan kepada Junjungan Nabi Muhammad SAW. Atas berkat rahmat Allah dan pertolongan-Nya lah sehingga laporan EMIS ini telah selesai.
Education Management Information System (EMIS) merupakan sistem administrasi dan informasi online yang sejak sekitar tahun 2011 telah menjadi jembatan administrasi antara lembaga satuan pendidikan di bawah dan Kementerian Agama pusat Jakarta. Keberadaannya terus dikembangkan dan di matangkan dalam segala bidang. Adanya sistem semacam EMIS ini sudah selayaknya harus diapresiasi oleh lembaga pendidikan di berbagai daerah untuk memajukan sistem administrasi dan informasinya masing-masing.

Pada sebenarnya, aplikasi EMIS (baik aplikas offline maupu online) wajib dilaporkan ke Kemenag Pusat pada semester Ganjil dan Genap setiap tahun. Namun demikian, seiring berjalan di MTs Nahdlatul Ulama, masukan dan saran dari diskusi-diskusi di internal madrasah mengeluarkan ide untuk mengembangkan sendiri sistem informasi secara mandiri di MTs Nahdlatul Ulama. Sehingga operator madrasah juga membuat program sendiri untuk dijalankan pada tataran internal madrasah.
Implikasinya adalah, di MTs Nahdlatul Ulama sistem pelaporan yang pada sebenarnya hanya wajib dilaporkan madrasah pada periode ganjil dan genap juga dilaporkan secara internal oleh operator EMIS madrasah kepada kepala madrasah. Di samping pula dilaporkan kepada wali murid dan masyarakat luas. 
Sehingga dapat disimpulkan bahwa di MTs Nahdlatul Ulama sistem pelaporan dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap.  Setelah segala proses pengerjaan diselesaikan (1) hasil pengerjaan EMIS dilaporkan secara online kepada pemerintah; (2) Dilaporkan oleh operator kepada kepala madrasah dan segenap pimpinan; (3) Dilaporkan oleh operator kepada Wali Murid dan masyarakat luas. Tahap pelaporan pertama sudah selesai sejak tanggal 10 Nopember lalu.
Bentuk penyajian laporannya pun berbeda-beda. Secara umum bisa dibedakan kedalam 2 (dua) jenis: (1) Cetak & (2) Online. Versi cetak disajikan dalam bentuk laporan resmi kepada kepala madrasah dan segenap pimpinan. Dalam bentuk bulletin kepada wali murid. Dan secara online kepada masyarakat luas melalui situs blog www.mtsnu-karangploso.blogspot.com.
Kami sadar bahwa apapun yang kami lakukan dalam pengerjaan dan pelaporan EMIS ini di sana-sini masih banyak kekurangan. Namun demikian kami sebagaimana yang pemerintah lakukan, akan terus mengupayakan pemantapan dan pengembangan dalam pengurusan EMIS ini. Semoga apa yang kami laporkan ini sangat bermanfaat adanya dan diridloi Allah SWT. Amin.




Malang, 23 Nopember 2016
Operator EMIS MTs Nahdlatul Ulama



R. Ahmad Nur Kholis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Ekspresikan pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran juga sangat berharga demi kemajuan blog ini.